Product Review

Samsung Galaxy A51 Review

Samsung Galaxy A51 Review

Hadir RESMI di Indonesia dengan harga 4.4jt, apakah Samsung Galaxy A51 ini recommend buat dibeli ? kita cari tau yuk!

Samsung Galaxy A51 ini hadir di awal 2020 dengan harga yang cukup menarik, empat koma satu juta rupiah ditambah dengan free galaxy fit e pas pre-order kemarin di blibli.com.  eit, tapi jangan buru-buru beli dulu, sebelum nonton video ini karna mba gadget mau kupas tuntas Samsung galaxy A51 ini buat gadgetlover, dan apakah Samsung galaxy a51 ini recommend buat dibeli di harga empat juta rupiah ?

Kalau 4 jutaan jadi budget maksimal gadgetlovers, Samsung galaxy A51 ini bisa jadi dream phone yang pas buat kalian.

Looks nya bener-bener beda, meski sebelumnya infinity-O display center seperti ini udah sempet ada di galaxy note 10 series, mba gadget ngeliat Samsung galaxy A51 ini kerasa something-new..

Keren banget baik dari bagian depan maupun body belakangnya.

Looks dan feelnya beda banget sama Samsung Galaxy A50s. Amaze aja gitu liat infinity-O displaynya kecil banget, apalagi mengingat selfie kameranya yang cukup besar yaitu 32MegaPixel..

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita cek dulu ya ada apa aja di box pembeliannya..

Nah, kita bahas dulu di bagian depannya. Keliatan keren kan displaynya.

Layarnya ini dilindungi dengan kaca corning gorilla glass 3, panel SuperAMOLED dengan resolusi 1080p dengan ratio layar 20:9.

Kecerahan layarnya cukup tinggi, jadi cukup jelas meski dilihat di bawah sinar matahari.

Bisa gadgetlover liat disini, icon-iconnya keliatan tajam dan jelas banget.

Bezel layar di bagian atas, samping dan bawahnya ga gitu tebel, keliatan lebih futuristik dari bagian depan.

Warna yang ditampilkan di layar terlihat lebih natural.. jika kita ingin warna yang lebih hidup, kita bisa set juga warna agar lebih vivid.

Buat nonton video, main game dan buka-buka sosmed, layar Samsung galaxy a51 ini cukup jelas dan detail.. bisa kita liat pas zooming picture kaya gini.. detail banget kan.

Ga ketinggalan, always on display bisa diaktifkan juga di Samsung Galaxy A51 ini. Untuk menghemat daya lebih irit lagi dan tampilan lebih keren, kita bisa mengaktifkan dark mode untuk tampilan serba hitam.

Di bagian belakang, meski ga pake lapisan kaca, looks dari Samsung Galaxy A51 ini tetep keliatan elegan dengan motif prism dan dengan pola warna bergaris  tipis sehingga keliatan keren banget saat terkena pantulan cahaya.

Menurut mba gadget wajar sih masih pake polycarbonate, mengingat ini adalah smartphone mid-range dari Samsung.. kalau pake kaca, nanti malah jadi lebih mahal harganya…

Penempatan tombol-tombol mudah di raih dan simcard traynya adalah triple slot simcard yang bisa menampung dua simcard 4G, dan 1 slot microSD untuk meningkatkan storage hingga 512GB.

Bezel sampingnya berbahan plastik namun punya feel alumunium yang ga licin, sehingga smartphone ini cukup enak digengam dengan satu tangan.

Sensor fingerprint ada di atas layar atau in-display fingerprint.

Selain aksesnya cepet, pilihan animasi fingerprintnya ini juga cukup banyak.

Ga ketinggalan, akses ke smartphone ini via face unlocknya juga ga kalah cepet.

Selain di bagian depan, yang jadi perhatian utama mba gadget juga ada di setup quad cameranya yang membentuk huruf L dan di tempatkan di frame kamera berwarna hitam ini.

Kamera utamanya 48 Mega Pixel, kemudian ada 12 Mega Pixel Ultra-Wide Angle camera, 5MP Depth Sensor untuk live-focus portrait mode, dan 5MP Macro Camera.

Macro camera ini jadi salah satu perbedaan besar juga dibanding Samsung Galaxy A50s.

Untuk mengakses kamera makronya, kita bisa klik more di bagian kamera kemudian klik macro kamera.

Dengan makro kamera ini, kita bisa capture foto dengan detail di jarak focus 3 hingga 5 centimeter.

Ga ketinggalan, fitur scene optimizer, ultra-wide kamera, live focus dan night mode juga disematkan di Samsung Galaxy A51 ini..

Langsung aja yuk kita coba foto-foto dengan menggunakan semua fitur yang ada di Samsung Galaxy A51..

Untuk pengambilan video, kamera depan dan kamera belakangnya mendukung pengambilan video 4k. Stabilisasi video baru aktif di resolusi full HD. Dan untuk lebih menstabilkan hasil video, terdapat juga mode super-steady yang bekerja cukup bagus di kondisi pencahayaan yang baik.

Internal microphonenya cukup bagus buat bikin vlog atau video shoot tanpa tambahan external mic. Mode Slo Mo, Super Slo Mo dan Hyperlapse video juga bisa menghasilkan video yang cukup bagus.

Ga kalah keren dengan kamera utamanya, kamera selfie 32MPnya juga ternyata oke banget.

Meski bentuknya kecil seperti ini, kita bisa capture foto selfie dengan cakupan area lebih luas dengan mode wide nya.

Terdapat juga fitur live focus untuk menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh yang keren.

Diatas kertas, spesifikasi Samsung galaxy A51 ini bisa dibilang cukup pas dengan range harga 4jutaan. Hadir dengan RAM 6GB dan Storage 128GB. SoC nya menggunakan Samsung Exonus 9611.

Dari skor antutunya ada di kisaran 180ribu. Dengan skor antutu ini udah cukup nyaman buat main game meski aga cukup jauh kalau dibandingkan dengan skor antutu soc gaming sekelas Qualcomm Snapdragon 730G atau Mediatek Helio G90T.

Dan berikut adalah hasil pengetestan mba gadget main beberapa game dan suhu yang dihasilkan setelah beberapa saat main game menggunakan Samsung galaxy A51 ini.

Ditenagai dengan baterai 4000mAh, Samsung Galaxy A51 ini cukup awet. Meski pake mode optimize, untuk pemakaian sehari-hari mba gadget bisa tahan 1 setegah hingga 2 hari. Tapi kalau gadgetlover termasuk heavy user, ga perlu khawatir karna Samsung galaxy a51 ini juga sudah dilengkapi dengan adaptive fast charging 15watt.

Dari segi audio, fitur Dolby Atmos juga disematkan di Samsung Galaxy A51, tapi Dolby Atmos Experience ini baru bisa kita aktifkan kalau menggunakan headset/earphone.

Samsung Galaxy A51 ini menggunakan One Ui 2.0 berbasis Andoroid 10. Bisa gadgetlover liat disini, tampilannya jauh lebih simple, pengoprasian smartphone lebih smooth dan icon dan shortcutnya user friendly.

Di android 10 ini banyak banget advance feature baru yang lebih memudahkan penggunaan smartphone dan memaksimalkan performa dari Samsung galaxy A51 ini.

Fitur yang paling mba gadget suka adalah one-handled view, multi task windows dan split screen yang bikin experience jadi lebih seru. Bahkan app drawernya juga bisa berubah jadi horizontal saat layar kita posisikan secara horizontal.

Kalau gadgetlover perhatiin lebih detail, di bagian kanan atas layarnya ini ada sedikit garis hitam.

Ini adalah floating bar untuk instant access beberapa aplikasi pilihan, dan bisa kita tambah juga dengan berbagai widget yang bermanfaat seperti kompas, news, contact dan sebagainya.

Ini berguna banget, jadi kita ga perlu balik ke home buat multitasking buka beberapa aplikasi.

Dan dibagain bawah, terdapat juga floating bar yang bisa langsung akses ke Samsung pay. Ga ketinggalan, fitur NFC juga sudah disematkan di Samsung Galaxy A51 ini, jadi proses payment atau transfer data dengan teknologi near field udah bisa dilakukan pake Samsung Galaxy A51.

Dengan harga 4.4juta, dapet smartphone dengan layar yang oke, quad kamera 48mp yang udah dilengkapi juga dengan super steady, performa yang mumpuni buat gaming, fitur yang lengkap dengan NFC dan Fast Charging.. menurut mba gadget samsung galaxy a51 ini recommended buat di beli. Emang sih banyak opsi lain di range harga ini yang menawarkan spesifikasi lebih tinggi, atau material body kaca yang lebih elegan.. tapi buat mba gadget, hadirnya infinity o display dan lengkapnya fitur-fitur di smartphone ini bikin ga bisa nolak buat beli..

Kalau menurut kalian gimana ? tinggalkan komentar kalian dibawah ya, kita diskusi bareng mengenai samsung galaxy a51 ini.

 —

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Product Review

More in Product Review

ASUS ExpertBook P5440FA Review! Laptop Untuk Pebisnis dan Professional

budy24/02/2020

Realme AirBuds Review

budy02/02/2020

GadgetEmpireID - Technology Updates, Reviews and Tech News.

Copyright © 2020 GadgetEmpire Indonesia.

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu