Akhirnya Rilis Juga Sistem Operasi Pengganti Android dari Huawei

Akhirnya Rilis Juga Sistem Operasi Pengganti Android dari Huawei

GadgetEmpire – Sempat mengalami keraguan sih memang dari pihak Huawei, dikarenakan setelah mendapatkan pencerahan dari Presiden Trump terkait perizinannya untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat kembali termasuk Google salah satunya yang terpenting, akan tetapi masih belum ada kepastian juga. Hingga pada akhirnya kini sang vendor asal China itu memutuskan untuk merilis sistem operasi terbarunya sendiri secara resmi, dan bukan Hongmeng OS namanya melainkan HarmonyOS.

HarmonyOS telah resmi dirilis Huawei melalui sebuah acara konferensi tahunan pengembang Huawei yang diselenggarakan di Dongguan, China. Sebagaimana dalam penjelasan yang disampaikan oleh CEO Huawei, Richard Yu dalam perilisannya kemarin, diungkap kalau sistem operasi ini telah dikembangkan sejak tahun 2017 kemarin dan perangkat pertama yang bakal menjalankan sistem operasi ini nanti berasal dari anak perusahaannya, Honor. Bukan cuman bisa berjalan di perangkat Smartphone saja, melainkan sistem operasi ini nanti juga bisa berjalan di perangkat TV, Tablet, Laptop, dan bahkan bisa untuk mengendalikan mobil juga.

Telah dijelaskan kalau HarmonyOS ini merupakan sistem operasi yang berbasis microkernel dimana berarti sumber daya yang dipakai sangat minim akan tetapi mampu memberikan performa yang memuaskan terhadap pengguna, dan latensi seminimal mungkin. Sistem operasi ini juga sifatnya open-source, namun sudah dilengkapi dengan TEE (Lingkungan Eksekusei Terpercaya) agar perangkat pengguna lebih terjamin keamanannya. Kemudian untuk Kompiler Arc yang ada di OS ini juga mendukung semua bahasa pemograman, sehingga pengembang bisa dengan mudah mengerjakannya melalui proses script yang sudah tidak asing baginya.

Memang sih dalam keterangan resminya disebut kalau HarmonyOS ini sudah cukup mumpuni untuk menggantikan Android. Akan tetapi Richard juga mengatakan kalau pihaknya sekarang masih mengandalkan sistem operasi dari Google ini demi memberikan aplikasi Google yang luas terhadap seluruh pengguna ponsel besutannya. Namun, kalau memang tidak dimungkinkan maka Huawei siap untuk banting ster ke sistem operasinya ini hanya dalam hitungan hari saja. Seperti apakah wujud dari sistem operasi ini? Nantikan generasi ponsel Honor berikutnya.

Video Pilihan GadgetEmpire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in

Lebih Baik ? Ini Hasil Foto Malam di Reno 3

budy05/03/2020

Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A01

budy01/03/2020

Akhirnya!! Ini Tampilan Layar vivo Apex 2020.

budy28/02/2020

Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M31

budy27/02/2020

Kamera OPPO Find X2 Pro Mulai Terkuak!

budy27/02/2020

Bocoran : vivo Z6 Mengusung Pro-Gaming ? ini sebabnya

budy26/02/2020

Resmi Dirilis di India, Segini Harga Realme X50 Pro yang Punya Antutu Score Diatas 600rb

budy26/02/2020

Mau Seru Karaoke ? Samsung Giga Party Audio Ini Udah Pasti Pas Buat Party dan Karaoke

budy26/02/2020

IoT Update : MediaTek MCU MT3620 Mendorong Momentum untuk Microsoft Azure Sphere Security di Perangkat-perangkat IoT

budy26/02/2020

GadgetEmpireID - Technology Updates, Reviews and Tech News.

Copyright © 2020 GadgetEmpire Indonesia.

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu